Senin, 26 Maret 2012

BAGIAN MESIN FRAIS


BAGIAN-BAGIAN MESIN FRIS
Bagian-bagian penting dari mesin fris ialah badan, alas, lengan, paksi atau spindel, lutut,
sadel, meja, dan penahan - penahan poros. Badan adalah bagian yang menahan seluruh bagian - bagian mesin itu. Didalamnya terapat motor penggerak, susunan roda - roda gigi pengatur kecepatan putar, tempat minyak pelumas untuk melumasi bagian - bagian yang berputar. Dibagian alasnya terdapat tempat penampungan cairan pendingin. Cairan pendingin ini dialirkan oleh suatu pompa ke tempat kedudukan pisau frais melalui pipa atau selang untuk mendinginkan pisau penyayat. Cairan ini apabila sudah dipakai akan kembali lagi ke tempat semula melalui suatu saluran.

Paksi atau spindel adalah poros utama mesin fris dan fungsinya sebagai tempat kedudukan poros fris ( arbor ). Poros tersebut dimasukkan kedalam lubang paksi dan diikat dengan baut pengikat yang letaknya di ujung lubang paksi. Jika mesin dijalankan, paksi akan membawa poros ikut berputar.
Lengan adalah bagian mesin frais yang gunanya sebagai tempat kedudukan penopang atau penahan ujung poros fris, dan letaknya pada bagian paling atas mesin tersebut.kedudukan lengan ini dapat diatur atau digeser.Pada suatu pengerjaan tertentu, lengan ini kadang-kadang tidak dipakai karena menghalangi perlengkapan yang dipakai.
Lutut adalah tempat kedudukan meja dan eretan meja (sadel). Lutut ini ditahan oleh eretan yang melekat pada badan mesin serta ditopang oleh poros berulir sebagai poros penggerak naik turunnya lutut tersebat.
Eretan meja atau sadel adalah bagian yang menyokong meja dan terpasang di atas lutut. Bagian bawahnya berbentuk sambungan ekor burung yang menghubungkan bagian atas lutut. Bagian atasnya terdapat bantalan penahan meja dan mempunyai sambungan ekor burung pula yang bentuknya memanjang. Meja tersebut diikat dengan baut yang terpasang pada salurannya
Bentuk meja mesin fris umumnya persegi panjang dan fungsinya sebagai tempat kedudukan alat jepit yang difris. Permukaannya sangat rata dan beralur-alur dangan bentuk I. Permukaannya gunanya disamping sebagai tempat kedudukan baut-baut pengikat, juga sebagai saluran untuk  mengalirkan cairan pendingin yang sudah terpakai ke tempatnya semula.
Penahan poros yang letaknya pada legan mesin gunanya untuk menahan atau menopang ujung poros fris. Penahan ini dapat digeser-geserkan kedudukannya untuk menyesuaikan dengan kedudukan benda kerja yang akan difris. Pada mesin yang modern, terdapat dua buah penahan. Yang sebuah dipasang pada bagian tengah dan yang sebuah lagi dipasang di ujung poros fris. Yang letaknya di tengah mempunyai lubang lebih besar dari pada yang dipasang di ujung poros. Dengan ditahan oleh kedua penahan ini maka kedudukan poros fris menjadi lebih kokoh dari pada hanya memakai satu penehan, terutama di waktu mengefris dengan sayatan tebal. Bantalan yang menahan  poros fristersebut biasanya terbuat dari kuningan atau perungu dan selalu diminyaki/dilumasi sehingga gesekan antara poros dan penahan relatip kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar